Surat Pembaca


Yth kepada Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (Kementerian LHK)

Perihal sampah yang menjadi masalah lingkungan di Indonesia. Sampah di Indonesia merupakan masalah yang sangat serius dan juga menjadi masalah social, ekonomi dan budaya. Dan hampir di semua kota di Indonesia mengalami kendala dalam mengolah sampah, termasuk di daerah saya Indramayu. Hal ini terjadi karena pengolahan TPA (tempat pembuangan akhir) di sebuah kota lahannya masih kurang sehingga banyak masyarakat yang membuang sampah di sungai.

Permasalahan yang muncul atau sering terjadi di TPA akan merambat ke hulu yang mengakibatkan terhentinya atau terhambatnya pengangkutan sampah dari sumber sampah ke TPA. Lingkungan yang tercemar oleh pembuangan sampah akhirnya akan kotor, kumuh, jorok dan bau kemudian akan menimbulkan penyakit, seharusnya pembuangan sama merupakan masalah yang harus di tangani pada awal yang harus di perhatikan secara pokok atau utama agar tidak mengakibatkan masalah yang begitu cukup serius dalam masalah lingkungan di Indonesia.

Pembuangan sampah yang tidak teratur (tidak pada tempatnya) menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia walaupun itu akhirnya menjadi penyebab kerusakan lingkungan dan ketidaknyamanan untuk kita sendiri. Walaupun telah di sediakan tempat sampah di sekeliling atau pada suatu tempat umum seperti di jalanan, taman, dan di tempat lainnya. Akan tetapi, tetap saja tangan-tangan kotor yang tidak peduli akan kebersihan membuang sampah di sembarang tempat. Akibatnya sifat malas membuang sampah pada tempatnya menimbulkan pencemaran lingkungan.

Menurut saya, sudah sangat mendesak perlunya cara dan strategi penanganan yang lebih komprehensif. Misalnya dengan memanfaatkan teknologi yang tepat, efektif dan ramah lingkungan sebagai solusi darurat sampah di kota-kota besar.
Saya harap setelah surat ini diterbitkan kejelasan dan penyelesaian masalah dapat terjadi.

Hormat saya

Warga negara Indonesia

Komentar

Postingan Populer