feature petunjuk praktis




Empal Gentong Kemasan Kaleng H. Apud : Sebuah Inovasi Kuliner Khas Cirebon

Rumah Makan Empal Gentong H. Apud 1995 / Foto: dok. Bu Eroh (putri H. Apud)

Empal gentong menjadi kuliner khas Cirebon. Kini sebuah rumah makan empal gentong melakukan terobosan dengan penyajian kemasan kaleng. Rumah makan empal gentong tersebut adalah RM H. Apud. Rumah makan ini tersebar di tiga lokasi, yaitu di Jalan Tuparev Cirebon, Jalan Ir. H. Juanda Cirebon, dan Pasar Batik Trusmi.
H. Apud memulai usahanya dengan berjualan Empal Gentong di warung sederhana yang didirikannya di tepi jalan Ir. H. Juanda Battembat Kab. Cirebon yang berdiri sejak 1995.  Empal gentong dan empal asem H. Apud merupakan salah satu empal gentong terbaik yang ada di kota Cirebon. Saat ini warung makan milik H. Apud semakin berkembang. Pengunjung datang berbondong-bondong untuk menikmati empal gentong super lezat itu.

Ternyata rumah makan H. Apud juga menyediakan empal gentong kemasan kaleng. Produk empal gentong kemasan kaleng ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan di mana saja. Pabrik empal gentong kemasan kaleng-CV Sazada Pratama Mandiri berdiri tahun  2018. H. Apud menjamin rasa empal gentong kemasan kaleng dengan yang biasa tidak ada bedanya, tetap lezat dan mantap tiada tara. Empal gentong kemasan kaleng sangat murah. Kita cukup merogoh kantong Rp 35.000 sampai Rp 40.000 saja.  "Untuk saat ini masih dalam tahap uji pasar karena kami masih proses izin edar BPOM & HALAL. Jadi pemasaran masih di sekitar rumah saja" kata bu eroh[i-[1] , anak pemilik rumah makan empal gentong H. Apud, saat diwawancarai melalui percakapan wa. Sepintas kemasan empal gentong ini mirip kaleng kornet. Pada kemasannya tertera label yang berbeda. Hijau untuk bumbu empal gentong, kuning berisi empal gentong orisinal, dan oranye bagi penyuka pedas.


Empal gentong kemasan kaleng / Foto: dok. Bu Eroh (putri H. Apud)

Beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan empal gentong kemasan kaleng,  yaitu daging sapi, santan, dan juga dengan bumbu-bumbu rempah yang dapat kita temukan dengan mudah di dapur ataupun pasar, seperti:  bawang merah, bawang putih, kunir, kemiri, laos, jahe, salam, sereh, kayu manis, garam, gula, penyedap rasa.



Salah satu proses pembuatan empal gentong kaleng / Foto: dok. Bu Eroh (putri H. Apud)

Cara membuat empal gentong kemasan kaleng sama saja dengan memasak empal gentong biasanya. Sambil membayangkan lezatnya, kita perhatikan tahap demi tahap pembuatan empal gentong kemasan kaleng. Pertama[i-[2]  haluskan semua bumbu yang sudah di bersihkan. Kedua[i-[3]  tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Yang ketiga [i-[4] siapkan air untuk merebus daging, lalu masukkan juga bumbu yang sudah ditumis, rebus sampai setengah matang kemudian masukkan santan, tunggu hingga airnya mendidih dan bumbu meresap kedalam daging, setelah daging matang angkat dan tiriskan daging lalu potong-potong. Kemudian yang terakhir masukkan kedalam [i-[5] kaleng, seperti pada foto diatas[i-[6] . Saat ingin memakannya kita bisa langsung panaskan di oven ataupun bisa juga di rebus kembali, lalu tambahkan daun bawang, daun kucai [i-[7] dan bawang goreng. Jika anda penyuka pedas bisa tambahkan cabe bubuk untuk menikmatinya.
Empal gentong kemasan kaleng ini, dikatakan H. Apud bisa bertahan selama satu tahun. "Memang empal ini kan mengandung santan, artinya mudah basi. Namun, empal gentong kemasan kaleng ini sudah diolah dengan mesin canggih. Bisa tahan satu tahun," Kata BU[i-[8]  Eroh. Kemudian, Bu Eroh pun menambahkan "Untuk empal kemasan kaleng tidak menggunakan msg dan pengawet berbeda dengan di rumah makan yang masih menggunakan msg. Walaupun tidak menggunakan msg, empal gentong kemasan kaleng sudah melewati uji coba sehingga untuk rasa 90% hampir sama dengan empal gentong yang disajikan di rumah makan. Empal kemasan memiliki masa simpan yang lama tanpa pengawet menggunakan teknologi sterilisasi/vacum, yakni membunuh mikroorganisme agar tidak berkembang."
Bila dilihat kadar gizinya, empal gentong mengandung 482,4 kkal yang terdiri dari protein, 29,2 gr. Lemak 21,5 gr, dan karbohidrat 42 gr. Empal gentong ini cocok untuk mengisi perut kosong. Kandungan yang terdapat pada daging sapinya adalah protein, lemak, kalsium, fosfor, dan energi yang memberikan manfaat untuk membentuk otot, memperkuat system[i-[9]  imun, dan membantu perkembangan sel otak.
Dengan kemasan kaleng, empal gentong H. Apud bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. Jika Anda sibuk, takr. Tinggal [i-[10] buka kemasan kaleng Empal gentong, kemudian hangatkan. Bisa untuk sajian sahur atau saat ada di luar negeri. Praktis dan tetap sedap.


 [i-[1]BU Eroh

 [i-[2]Bubuhkan tanda baca koma

 [i-[3]Tanda baca koma

 [i-[4]Tanda baca koma

 [i-[5]Ke dalam

 [i-[6]di atas

 [i-[7]bubuhkan tanda baca koma karena merupakan rincian

 [i-[8]Bu

 [i-[9]sistem

Komentar

Postingan Populer