Feature Kuliner Cirebon


Nasi Bungkus Daun Jati

Nasi Jamblang merupakan makanan khas Cirebon yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, dan kini kian populer. Nasi Jamblang merupakan kuliner yang berasal dari Desa Jamblang yang berada di pinggiran kota Cirebon, yang merupakan daerah asal kuliner ini.

Tempat makan yang wajib dicoba saat berkunjung ke cirebon adalah Warung Mang Dul. Berada di ruko seberang Grage Mall, lokasinya tidak pernah sepi pengunjung. Karena semua makanan yang ada terkenal enak, dan semua masakannya juara. Soal harga tidak perlu khawatir. Murah banget loh! Mulai dari Rp12.000,00 - Rp38.000,00/porsi.


Di tengah ruangan ruko, tampak berbagai lauk pauk yang terhidang di meja sepanjang 3 meter. Mulai dari tempe goreng, sayur tahu, sambal goreng yang terbuat dari irisan cabai dan cumi hitam, yang disajikan di atas nasi yang dibungkus daun jati. Nasi itu dibungkus dengan daun jati. Karena di daerah Cirebon banyak pohon jati, jadi nasi itu dibungkus dengan daun jati, bukan daun pisang. Selain memiliki aroma juga membuat nasi tidak cepat basi.

Fitri, nama pemilik Warung Mang Dul ini. Dia yang mewarisi bisnis ini dari ayahnya Abdullah, Muhammad Abdullah atau yang dikenal dengan Mang Dul. "Kios dari saya kecil tahun 70 tuh cuma satu bakul mider, dekat kolam renang, ibu memang senang masak ambil nasi ke nenek, tambah banyak jadi nenek ga kuat jadi bikin sendiri," kata fitri.

Nasi Jamblang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang diburu warga lokal dan kini wisatawan yang semakin banyak berkunjung ke daerah yang dijuluki kota Udang ini. Di warung ini sehari-hari menghabiskan sekitar dua kuintal beras untuk nasi, jumlah itu meningkat sampai dua kali lipat pada akhir pekan dan liburan panjang anak sekolah dan Idul Fitri. Meski banyak pengusaha nasi Jamblang baru pun bermunculan. Tetapi warung Mang Dul tetap bertahan.

Jika anda berkunjung ke daerah Cirebon anda dapat menyempatkan waktu untuk mampir ke Warung Mang Dul untuk mencoba makanan khas daerah Cirebon.

Komentar

Postingan Populer